Wednesday, November 7, 2012

FINGERPRINT



       Finger print biasanya berbentuk garis-garis horizontal dan vertical atau gabungan keduanya dan juga ada bentuk lengkungan-lengkungan. Semua manusia diciptakan dengan sidik jari yang berbeda satu sama lainnya bersifat unik dan tidak ada persamaannya. Sehingga digunakan untuk mengidentifikasi setiap manusia dalam memonitoring kehadiran seseorang di sebuah kantor. Dengan mesin absensi ini dapat diminimalisir adanya penitipan absensi. Kondisi seperti ini membuat pegawai lebih tepat waktu dan membuat dampak peningkatan produktivitas. Fitur Mesin ini dilengkapi seperti USB Flash Disk, Web Server, Schedule Bell, SMS Message, Workcode, Function Key dan dapat menampilkan foto pegawai.
 
Keuntungan menggunakan Finger print yaitu sebagai berikut :

  1. Menghindarkan  human error karena meminimalkan peran manusia.
  2. Tidak perlu password dalam mesin absensi sidik jari
  3. Tidak Perlu Kunci atau kartu
  4. Tidak mungkin lupa, hilang atau tertinggal
  5. Mengurangi pekerjaan rekap absensi secara manual
  6. Print out laporan absen
  7. Dapat  menyimpan data internal (built in) yang dapat menampung ribuan record (log transaksi) dan penggguna(sidik jari)


Cara kerja mesin sidik jari yaitu

  1. Langkah awal adalah pengumpulan seluruh sidik jari dan dapat memberikan sidik jarinya lebih dari satu jari setiap pegawai.
  2. Hasil sidik jari tersebut akan disimpan di komputer menjadi sebuah database.
  3. Ketika seseorang meletakkan salah satu jarinya, di atas layar yang sudah disediakan maka data sidik jari tersebut akan direkam oleh komputer dan disimpan di database.
  4. Sidik jari dapat digunakan sebagai akses kontrol untuk masuk ke sebuah ruangan atau dan sebagai daftar hadir pegawai untuk kesehariannya.

No comments:

Post a Comment