Wednesday, October 24, 2012

Tips membuat slide presentasi menggunakan Ms. Office Power Point

Slide adalah komunikasi visual yang ringkas, padat dan tepat guna yang mampu menjelaskan ide dan gagasan yang ingin disampaikan kepada audience. Sehingga lebih mudah menjelaskan apa makna yang dikandung oleh slide tersebut. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat slide diantaranya sebagaiberikut :

a.    Slide pembuka yang menjadi awal presentasi adalah kesempatan Anda untuk menarik perhatian audiens karena itu, jangan rag untuk tampil beda.

b.         Gunakan gamba ryang mengundang perhatian memancing rasa ingin tahu, dan membuat audiens selalu ingin mendengar kelanjutan presentasi. Sebaiknya slide menggunakan gambar yang unik, menarik, dan warna yang powerfull. Apabila diperlukan bisa berupa angka serta menggunaka kata kunci Karena dapat membantu audiens memahami ide yang ingin disampaikan dengan cepat.

c.         Menggunakan teks dengan tepat dan mudah dibaca. Gunakan ukuran font yang cukup besar sehingga tetap terlihat jelas oleh audiens yang duduk di kursi paling belakang.

d.         Menggunakan template, jenish uruf, atau elemen yang bisa diulang dalam presentasi antara satu slide dengan slide yang lain. Sepert iwarna, pola, tata letak yang dapat menciptakan harmoni dalam keseluruhan slide presentasi.

e.         Penggunaan file video dalam presentasi dapat mengurangi rasa jenuh audiens ketika mendengarkan penjelesan dari anda.

f.      Membuat kesimpulan dari presentasi anda,sehingga membuat mudah audiens mengingat kembaliseluruh poin penting yang dibahas.

No comments:

Post a Comment