Saturday, December 22, 2012

VIRUS KOMPUTER



Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri  dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. dan Virus komputer juga dapat merusak (misalnya dengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu, maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.
Berikut adalah ada beberapa virus malware yang terdeteksi sehingga menjangkiti komputer pengguna di selama ini diantaranya sebagai berikut

1.  LNK/Autostart.A
Adalah nama lain dari Win32/CplLnk.A. Sistem kerja virus ini saat user membuka sebuah folder yang berisi malware shortcut dengan menggunakan aplikasi yang menampilkan shortcut icon, maka malware tersebut akan aktif secara otomatis.

2. Win32/Ramnit.F
Berjenis trojan yang mampu mengcopy dirinya yang akan memenuhi hard drive komputer yang terinfeksi, yang biasanya bersembunyi di dalam aplikasi Office, bahkan game. Dengan kemampuannya membuka firewall dan menyamar menjadi program palsu ntuk mengumpulkan data penting seperti data transaksi, data keuangan sehingga dianjurkan untuk segera menghapus jika ditemukan adanya indikasi virus Win32/Ramnit.F ini karena potensial menghambat kerja komputer dan merusak data yang tersimpan di dalamnya.

3. HTML/Iframe.B.Gen
Dapat mematikan software antivirus sekaligus memonitor aktivitas browsing user, bahkan menghapus registry entries. Dapat mengakibatkan sistem operasi pada komputer tidak mampu bekerja sama sekali sehingga sangat membahayakan keamanan semua data yang tersimpan didalam komputer.

4. Flame
Virus ini ditujukan untuk menyerang Negara Iran dan beberapa negara di Timur Tengah. Kemampuan virus ini mampu mengumpulkan data rahasia, mengubah setting komputer secara remote, menghidupkan mikrofon komputer untuk merekam pembicaraan, mengambil screenshot dan mengkopi pembicaraan di instant messaging. Program jahat ini bisa menggaet informasi dengan mengkopi ketikan di keyboard dan suara orang di sekitar.

No comments:

Post a Comment